Definisi ISP, IP dan Search Engine

28 Dec 2010

1. a) ISP (Internet Service Provider) adalah perusahaan atau badan usaha yang menjual koneksi internet atau sejenisnya kepada pelanggan. ISP awalnya sangat identik dengan jaringan telepon, karena dulu ISP menjual koneksi atau access internet melalui jaringan telepon. Seperti salah satunya adalah telkomnet instant dari Telkom.Sekarang, dengan perkembangan teknologi ISP itu berkembang tidak hanya dengan menggunakan jaringan telepon tapi juga menggunakan teknologi seperti fiber optic dan wireless.

IP (Internet Protocol Address) adalah deretan angka biner antar 32-bit sampai 128-bit yang dipakai sebagai alamat identifikasi untuk tiap komputer host dalam jaringan Internet. IP sangat berbeda denganDNS . Panjang dari angka di IP ini adalah 32-bit (untuk IPv4 atau IP versi 4), dan 128-bit (untuk IPv6 atau IP versi 6) yang menunjukkan alamat dari komputer tersebut pada jaringan Internet berbasis TCP/IP.
Search Engine (mesin pencari) merupakan program komputer yang dirancang untuk mencari informasi yang tersedia didalam dunia maya. Search Engine yang sering digunakan adalah Yahoo dan Google.
b) Contoh ISP :
Asia Pasific Internet Company (http://www.apic.net.id)
PT. Indosat (http://www.indosat.net.id)
PT. Telekomunikasi Indonesia (http://telkom.net.id)
PT. Indo Internet Indonesia (http://www.netura.net.id)
Dan sebagainya

Contoh IP :
192.168.0.1
192.168.0.2
192.168.0.3
202.134.0.13
Dan sebagainya
Contoh Search Engine:
Yahoo
Google.


TAGS


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post